03 Januari 2012

2012: Reincarnation


Fiuuh,.sudah lama sekali saya tidak membuat sesuatu yang ditulis/dikutip di blog ini. Postingan terakhir yang saya buat tertanggal 11 oktober 2010,.itu artinya sudah hampir 2 tahun,sob..Hm,.tapi siapa yang nanya ya?he,.apa kabar diri saya saat ini??(mungkin inipun tak ada yang bertanya, secara walau sudah "berumur" blog ini,tetapi masih sepi dari follower. Tapi tidak apa-apa, mungkin setelah ini banyak para pembaca yang bersedia menjadi follower saya,he..Ya,saya masih ingat, awalnya membuat blog ini sewaktu saya masih mahasiswa Semester 8. Sekedar flash back saja, setelah S-1 selesai, kemudian dilanjutkan program profesi dokter muda/koass dan saat ini alhamdulillah saya sudah disumpah menjadi seorang dokter. Namun,nasib blog ini tetap sama dari dulu sampai sekarang : tetap tak berkonsep,he..ya,karena tujuan awal saya di blog ini ingin menceritakan yang saya alami, tanpa memperdulikan apakah cerita-cerita itu ada alurnya atau tidak, bermanfaat atau bahkan layak dibaca atau tidak, saya tidak berpikir ke arah itu.
TAPI, SEPERTINYA HARUS DIRUBAH.
2012 : Reincarnation
Mengapa judul postingan adalah 2012 : Reincarnation? ya, yang pertama karena tahun ini sudah 2012, dan status saat ini saya sudah bukan lagi mahasiswa seperti pada saat blog ini dibuat. Dan reinkarnasi bukan berarti saya harus menjadi seperti dulu,.ya saya sadar, saat ini saya bukan lagi seorang muda yang berapi - api membara untuk mendapatkan apa yang diinginkan,yang kemudian akan kecewa sedalam-dalamnya saat hal tersebut tidak saya dapatkan. Masa-masa seperti itu sudah harus lewat dan tidak boleh mengulang dalam menyikapi itu. Terus terang hidup saya ini tidak selalu sukses, dalam hal studi, persahabatan, pertemanan khusus dan lain sebagainya, banyak alur berliku yang saya hadapi, terkadang menemui jalan buntu dan harus mencari jalan sendiri untuk menemui jalan yang benar. Rasanya, ingin saya ceritakan disini, tetapi disisi lain, saya ingin menenggelamkan itu semua.
Sudah Seharusnya Beraktualisasi Diri.
Dalam Kriteria Maslow yang saya baca, kebutuhan manusia mempunyai hierarki:
1. Kebutuhan Fisiologis
2. Kebutuhan Rasa Aman
3. Kebutuhan Akan Cinta dan Rasa Memiliki
4. Kebutuhan Akan Penghargaan
5. Kebutuhan Aktualisasi Diri
Nah, saya hanya ingin menyoroti yang ke 5 saja (kalau yang lain, lain kali ya saya bahas) : Aktualisasi Diri.
Kebutuhan ini mencakup pemenuhan diri (self-fulfillment), realisasi seluruh potensi, dan kebutuhan untuk menjadi kreatif. Mereka yang telah mencapai level aktualisasi diri menjadi lebih manusiawi, lebih asli dalam mengekspresikan diri, tidak terpengaruh oleh budaya.
Menurut Maslow bahwa siapa yang dapat lepas dari kebutuhan penghargaan dan mencapai kebutuhan aktualisasi diri adalah yang memberikan penghargaan tinggi terhadap nilai-nilai kebenaran, keindahan, keadilan, dan nilai-nilai sejenis yang oleh Maslow disebut sebagai B-values.
Dan saya ingin kearah sana. Saat ini hierarki saya sampai..hm,yang jelas saya belum mapan dan menikah,he..,tapi, slow but sure, saya akan menuju kesana. Dan ini yang saya sebut Reincarnation: menghidupkan semangat untuk pencapaian lebih tinggi lagi.
Hm,.saat ini, blog saya sudah sedikit berubah dalam hal desain dan warna, walau masih sederhana,.maklum,saya bukan orang yang terus memantau perkembangan blog, atau tahu banyak tentang blog,sampai saat ini,.mungkin pembaca ada yang memberi masukan dalam hal desain biar tampak cantik??dan,headliner sayapun kini sudah berubah menjadi : Ocid talks,..and now:who want talks with me?:):)

Tidak ada komentar: