23 Juni 2009

Dedikasi dr.PTT

oh ya Sabtu kemarin ,gue dapet job khitan,.ada 1 dokter yang membimbing gue untuk urusan sunat menyunat ini,.namanya dr.Agus Fit.ya bisa dibilang kalo dr.agus fit ini “guru”gue diluar dosen yang biasa ngasih kuliah.tapi dia ga biasa.cz yang diajarin ke gue selain urusan nyunat ini,dr.agus fit sering cerita ke gue tentang pengalamannya waktu PTT di pulau kesui.Kesui?dimana tuh?kok mirip mirip kayak nama jepang gitu?
“Kesui itu di Maluku,cil..”kata dr.Agus.he…baru denger,.tapi emang ada cz gue cari di goggle earth ketemu,walau kecil banget keliatannya tuh pulau dah mau tenggelam.
Di pulau itu,katanya,semenjak Bangsa ini merdeka (dah berapa tahun tuh?62/63 ya?) baru pas dr.Agus ini dokter satu – satunya yang ditempatin disana.wow…beneran?
Kebanyakan dokter di maluku,katanya,ada di Ambon,tapi untuk pulau kesui itu baru pak dr.agus ini yang pertama kali bertugas disana,.(how can?..).gue bisa bayangin,kalo gue pengen analisis,di banyak pulau di Indonesia juga mungkin kebanyakan gitu (lo bisa bayangin lah 17 ribu pulau lebih) dan sekarang karena eranya demokrasi,dr.ga wajib PTT,jadi kalo lo dah jadi dokter umum terus langsung lanjut pendidikan spesialis,untuk jaman sekarang bisa.(di jawa,gue bisa bayangin,lo bisa ketemu sama seseorang yang secara kasat mata pekerjaan dia bukan di bidang kesehatan,tapi nyandang status dokter,,sayang banget cz klo gelar “dr”ny dipake,di sebar ke seluruh pulau di negeri ini,gue yakin banget lah,epidemiologi penyakit bisa turun jauh..)
Terus gimana dong,untuk pulau2 yang senasib sama p.Kesui ini?pernah liat suster apung?kayak gitu perjuangannya untuk ngedapetin pelayanan yang lebih baik,tapi karena jaraknya jauh,mungkin gak jarang pasien yang seharusnya ngedapetin penanganan darurat,harus mati di jalan.Contohnya aja p.kesui,kalo kata dr.Agus ,jarak pulau ini ke Ambon butuh waktu 2 hari 2 malem naik kapal laut.belum lagi ada rintangannya,macem ombak,cuaca buruk,dsb..
Lantas gue Tanya ke dr.agus: “selain jadi dr.puskesmas,di sana bisa ngapain aja?”
Dr.agus:”wah banyak,mancing, snorkeling, yah untuk urusan hiburan,ada lah,kita bisa maen dengan alam,walau disana gak ada mall kayak di semarang ini”
Jujur aja,dalam hati gue kagum banget sama dia,dalam pandangan gue,dr.agus ini punya idealisme untuk majuin bangsa ini dalam bidang kesehatan,dia ga sungkan untuk ditempatin dimana aja,termasuk di p.kesui ini untuk memenuhi hasrat jiwa sosial yang dia punya untuk ngelayanin masyarakat.Dan kayaknya,gue juga pengen kayak dia kalo dah jadi dokter ,walau sekarang ortu belum ngijinin,ya tapi liat aja ntar,yang penting gue fokus dulu aja buat lulus dengan nilai yang sebaik – baiknya dan meraih pengalaman klinik yang sebanyak-banyaknya.
Cuma mungkin satu yang gue harap nasib gue gak sama sama dr.Agus:Statusnya yang sampe sekarang masih jomblo..^^,gue ga ngerti kenapa dia masih memegang teguh statusnya itu,(umurnya dah 28 tahun),sekarang dia lagi ngambil pendidikan spesialis anak,gue sih yakin aja,banyak akhwat2 yang dah naruh hati sama dia.ya gak ngerti deh,.urusan dia..(di lain waktu yang ga lama,gue ntar bahas tentang status gue yang ga ingin lama – lama jomblo,tapi bukan buat cari pacar(hari gini??)tapi its about married..^^)

Tidak ada komentar: